Kebiasaan Orang Tua Zaman Dulu

Kali ini saya akan bercerita tentang masa lalu. entah apa yang ada di pikiran saya sehingga saya ingin sedikit bercerita masa lalu.hehe

Lalu, apa yang akan saya posting sekarang? Gak usah lama-lama. simak.

Pada, zaman modern seperti saat ini mungkin sangatlah banyak kebiasaan buruk yang berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Ada beberapa kebiasaan yang memang pada dasarnya sulit untuk di hindarkan khususnya untuk para anak dan remaja. Seperti, pola makan tidak teratur, bangun terlalu siang, kurang minum air putih, bahkan tidak pernah menyempatkan waktu buat berolahraga.

Kebiasaan buruk semacam itu, memang sepatutnya harus kita hidari. Karena, efeknya akan terasa jika kita sudah terkena penyakit.

Banyak penelitian, ketika saya jalan-jalan ke sebuah blogdokter, detikhealt, dll. Hampir rata-rata manusia terkena penyakit karena berasal pola hidup yang tidak sehat.

orang tua zaman dulu
Gambar Orang Tua zaman Dulu wahyu-ariatama.blogspot.com

Maka, dari sini saya akan mengajak anda untuk melihat kebiasaan baik kolot atau orang tua zaman dulu. Berikut uraiannya:

1. MENEMPUH JARAK JAUH DENGAN JALAN KAKI 
Sebelum tahun 90an, sebelum saya lahir dan belum semodern sekarang ini sebelum setiap orang mempunyai kendaraan masing-masing. Kebiasaan orangtua dulu memang seperti itu, mereka bukan saja pedagang, mereka bukan jualan asongan namun coba anda bayangkan cuma sekedar mau beli peralatan rumah tangga saja. Mereka harus rela berjalan kaki ratusan killo meter, karena pada saat itu jangankan kendaraan pribadi, kendaraan umum saja belum ada. Maka, tidak heran mereka sehat luar biasa karena pada dasarnya jalan kaki adalah olahraga yang sangat menyehatkan.

2. MAKANAN TANPA ZAT KIMIA BUATAN DAN PENGAWET
Tidak heran usia-usia orangtua zaman dulu lebih lama bahkan ada yang mencapai ratusan tahun. Faktor makananpun ternyata mewariskan sejuta manfaat untuk kesehatan terutama makan sehat dan alami, serba alam. Mereka tentunya, hidup tidak seperti saat masa kita sekarang. Hidup penuh dengan memakan makanan kurang sehat dan belum terbukti alami hanya aman saja untuk di konsumsi.

3. BEROBAT DENGAN METODE TABIB
Pada saat itu, memang kebanyakan orang percaya tabib karena keadaannya, saat itu jauh dari tempat kesehatan umum atau rumah sakit. Mereka lebih memilih tabib dengan pengobatan tradisionalnya. Lebih aman, murah dan keyakinan lebih cepat sembuh.

4. GOSOK GIGI DENGAN KAPUR SIRIH 
Satu lagi kebiasaan yang paling unik pada mereka yang lahir pada zaman dulu. Di daerah saya, khususnya daerah cisewu garut. Kebiasaan mengunyah kapur,sirih,buah jambe,dan gambir sudah melekat turun-temurun, khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Dan, menurut beberapa penelitian kapur sirih memang sangat bagus untuk kesehatan gigi. Maka, tidak heran biarpun gigi mereka merah kehitaman, tapi gigi meraka kuat dan tidak ada bolong. Namun, sayangnya dengan perkembangan zaman kebiasaan itu jarang banyak di jumpai sekarang.

5. HIDUP TIDAK TERLALU DITUNTUT EKONOMI
Mungkin, hanya untuk sebagian orang saja yang hidupnya merasa hatinya tenang walau pun tak punya uang.heey. . .(lagu jamal mirdad). jika untuk zaman sekarang, namun pada zaman dulu orangtua dan muda-mudinya sangat aktif bekerja. Jadi, pekerjaan pasti selalu ada seperti, mengurus kebun atau sawah sendiri misalkan. Terlihat lebih makmur, jika di bandingkan zaman kiwari atau sekarang. Kadang, hidup bergantung kemampuan dan skill namun keinginan banyak, belum terpenuhi. (Besar Pasak daripada Tiang).

Begitulah perkembangan zaman, selalu berubah waktu demi waktu. Manusia, terus selalu ingin dan namun kebutuhan selalu berat untuk terpenuhi.

Mungkin, hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini.
Semoga bermanfaat buat kita semua. Aamiin..

0 Response to "Kebiasaan Orang Tua Zaman Dulu"