GULA AREN SEMUT MURAH KHAS CISEWU GARUT

Pengolahan Gula Semut Cisewu
Ada banyak sekali jenis gula di dunia, khususnya di indonesia itu sendiri. Ada gula pasir, gula batu, gula aren,gula jagung, gula darah dll.hehe kalo gula darah sih itu si penyakit ya wkwkwk

Nah, kali ini saya akan sedikit riview tentang gula aren tapi bentuknya sudah dihaluskan seperti gula halus pada umumnya. Namun, dengan nama yang berbeda yaitu gula semut biasa juga orang menyebut palm sugar. Gula semut merupakan gula ciri khas orang cisewu garut, gula semut merupakan olahan lokal yang berasal dari nira aren atau air arennya langsung yang di panaskan pada suhu tertentu. Di cisewu itu sendiri, sudah banyak yang beredar gula aren yang sudah di kemas dan di modif sedemikian rupa. Begitu juga dengan gula semut. Sudah banyak sekali di pasaran. 

Oh ya, kenapa saya tertarik merivew gula semut? Kebetulan, keluarga saya adalah pengolah gula semut. Jadi, saya akan menjelaskan berdasarkan pengalaman pribadi. 

Selain itu, gula semut yang terbuat dari aren langsung sangat banyak manfaatnya. Salah satunya, yaitu gula rendah kalori, baunya wangi khas, teksturnya lembut, dan kalo yang bagus warnanya kuning langsat agak kemerahan. Kalo baunya gosong dan agak merah kehitaman biasanya gula semut di produksi dari gula aren biasa yang sudah di kemas terus di panaskan kembali di lebur jadi gula semut. Itu juga asli namun cara pengolahannya yang berbeda, ada yang di open ada juga yang di jemur. 

Namun, tetap khawlitas gula semut yang terbaik adalah gula semut yang diolah secara langsung walaupun pengolahanya tergolong rumit, harus cari kawao atau raru yang fungsinya agar gula semut tidak lentur dan keras tidak lembek ketika proses pengeringanya, harus di jaga kebersihan wadah air arennya, dan harus punya banyak tenaga dan waktu untuk proses jadi gula semut sangat repot sekali prosesnya daripada gula aren biasa. 

Selain kerumitan yang pada prosesnya, gula semut sangat banyak di minati karena aromanya yang khas, dan kaya akan manfaat. Gulas semut cisewu, biasanya banyak digunakan untuk berbagai macam sanjian kuliner, masakan bahkan minuman. Seperti, buat bahan kue, minuman kopi, jus, dan masih banyak lagi. 

Mungkin, hanya itu yang bisa saya share mudah-mudahan bermanfaat. Untuk yang mau pesen gula semut, boleh japri ke saya atau komen di sini ya.Terimakasih

0 Response to "GULA AREN SEMUT MURAH KHAS CISEWU GARUT"