Lulus Sekolah Mau Kerja atau Kuliah?

Selamat ketemu lagi teman-teman, kali ini saya akan menulis ulang sebuah catatan saya di blog cisewuonline.heck.in yang sudah di hapus sama mr.arvin saya gak sempet backup posting waktu itu namun masih tersimpan rapih di pc saya.hehe
Mungkin beberapa psoting aka saya share di sini namun tidak semua hanya yang menurut saya cacatan itu layak di bagikan ke publik dan mudah-mudah masih bermanfaat.ok!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tahu bahwa banyak sekali problema yang menyangkut masalah tarap hidup orang banyak di negara kita khususnya, dan umumnya masyarakat dunia sekalipun. Banyak faktor-faktor orang yang susah mendapat pekerjaan yang layak dan akibatnya meningkatlah angka pengangguran. Namun, saya yakin di indonesia juga masih banyak yang mencari pekerjaan dengan cara merantau ke kota-kota besar karena memang sudah membudaya dan tidak bisa di pungkiri, lazimnya memang demikian. Budaya pulang kampungpun, menjadi marak dan jadi trenseter berita acara pada saat waktu masa libur panjang.

Eih, keenakan ngotret nih. Balik ke topik awal. . .
lulus sekolah
kerja atau kuliah?

Kita tahu bahwa, mencari pekerjaan itu memang tidak mudah.

Seperti halnya, kata pepatah guru saya waktu masih di bangku SMA. Beliau berkata, "Kehidupan luar ( Kehidupan setelah lulus sekolah ) itu tidak segampang yang kita bayangkan, banyak yang harus di persiapkan dari sekarang jika tidak, hati-hati MADESU." begitu kata beliau. Sobat tahu apa itu madesu? Madesu singkatan dari "Masa Depan Suram".mrgreen:

Karena, memang pada kenyataannya di lingkungan kita saja masih banyak yang lulusan Sekolah Menengah Atas ternyata masih banyak yang merasa kebingungan untuk mencari pekerjaan atau bahkan tempat kuliahan atau PT.

Mudah-mudah tidak terjadi pada Sarjana-sarjana. Aamiin.

Nah, karena itu saya akan sedikit berbagi tips tapi ini bukan salah satu tips jitu namun hanya sekedar berbagi pengalaman saja berdasarkan pengalaman saya waktu lalu. Mungkin bisa membantu ke galauan saudara-saudari.

1. Gantungkan Cita-citamu setinggi langit. Buat peta impian, terkesan sobat punya impian yang besar untuk meraihnya. Maka wajar, dulu waktu saya duduk di bangku SD guru pernah tanya.

"Apa cita-citamu?"

Pertanyaan singkat, tapi penuh makna dan memang sedikit membantu menumbuhan motivasi si kecil dulu, kalau sekarang si besar.

2. Persiapkan Diri Anda. Sobat, Niat itu penting karena jika niat kurang bulat nantinya pemikiran anda bakal selalu plin-plun. Maka, niatkan dari sekarang. . .

3. Belajar dari pengalaman orang lain. Sangat menunjang bagi sobat jika sobat mudah bergaul, dan selalu menanyakan hal-hal yang sepatutnya sobat ketahui dan sobat ingin tahu.

4. Update berita. Baik itu dari internet atau surat kabar, jangan cuma trik internet gratis saja yang di update tapi seputar yang sobat minati seperti tempat kuliah favorit, lowongan kerja atau wirausaha?

5. Perbanyak link patner. Kenalan boleh saja di dunia maya, tapi setidaknya sobat arahkan yang memungkinkan saling membawa manfaat dan menjalani satu tujuan. Sama-sama nyari duit, termasuk tujuan juga kan? Berarti satu tujuan donk sama ane.

6. Jika mau memilih kuliah, sebaiknya pilih dulu minat sobat. Sukanya di jurusan apa? Minat diperhotelan, perbankan, teknik, managemen, dst. Namun, cocokan juga dengan kemampuan anda. Anda maunya belajar apa?

Bekerja juga sama, namun ada bedanya kalau kerja biasanya lebih memilih ke prospek penghasilan atau upah.Setahu saya, yang namanya kuliah dan nyari kerja sama saja. Cuma bedanya, yang kuliah ngabisin uang, yang kerja dapet uang...

Dan, ya yang paling bagus ya berwirausaha dan punya usaha sendiri, ngabisin uang tapi uang tentunya kembali lebih cepat.

Namun, hal itu butuh kerja keras dan semangat yang tingi untuk menjalaninya.Semangaaat!!

Dan, mungkin hanya itu tips dari saya sekedar share saja mudah-mudah bermanfaat buat sobat netter semua. Terimakasih.

Lantas, bagaimana menurut sobat?

Think before coment... 

0 Response to "Lulus Sekolah Mau Kerja atau Kuliah?"